Minggu, 30 Mei 2010

Salah Kaprah


Dulu saya pernah bertanya kepada Guru, tentang bagaimana hukumnya orang yang bangun kesiangan ? Guru saya menjawab kalau memang bangunya itu tidak di sengaja berarti tidak berdosa.

Saya pun bertanya kembali trus bagaimana kewajiban kita untuk melaksanakan shalat shubuh apakah telah gugur atau gimana? Guru saya menjawab kewajiban sholatnya ya gugur kan sudah lewat waktu sholat subuhnya, alasannya dulu mengapa saya sudah lupa. Sebenarnya sih saya belum begitu yakin apa yang di arahkan oleh Guruku pada waktu jaman sekolah dulu,

Tapi mau gimana lagi saya sudah pernah tanya ke temen-temen saya yang menurut saya ilmu agamanya di atas rata-rata ya belum menemukan jawaban yang pasti. Alhamdullilah kemarin dapat temen facebook cewek enak di ajak ngobrol kelihatannya dia pinter agama, saya tanyain saja tentang permasalahan yang aku alami tentang hukumnya bangun kesiangan. Ternyata eh ternyata jawabanya malah berbanding terbalik sama yang di arahkan Guruku.

Walah ….!!! Kaget juga sebenernya padahal arahan Guru yang selalu saya laksanakan. Coba-coba nyari di internet ternyata bener yang dikatakan temen facebook . Ketika kita bangun tidur kesiangan dan telah habis waktu untuk shalat shubuh, kewajibannya adalah mengqadha’ shalat shubuh itu begitu kita bangun tidur. Tidak boleh menunda-nunda waktu untuk mengqadha’ shalat shubuh tersebut. Saat itu juga begitu bangun dari tidur, segera kerjakan shalat. Tentunya dengan mensucikan diri dulu dari hadats kecil maupun besar dengan cara berwudhu’.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda:

Barang siapa yang ketiduran atau lupa melaksanakannya, maka ia hendaklah menunaikannya pada saat ia menyadarinya.

Barangsiapa yang mendapatkan satu rakaat sebelum matahari terbit maka dia telah mendapatkan shalat tersebut . .

Alhamdullilah……. terjawab juga permasalahanku selama ini. Terima kasih Tuhan Kau telah memperkenalkanku dengan dia. ^_^*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar